Tips Pakar Kesehatan untuk Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Baca Kisah Sukses Seorang Ibu yang Berhasil Hamil dalam Waktu Singkat ---> KLIK DISINI

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah MelahirkanMelahirkan tentunya merupakan proses yang sangat membahagiakan bagi seorang ibu. Namun biasanya setelah itu akan timbul masalah lain, yaitu bagaimana cara menurunkan berat badan pasca persalinan? Memang selama hamil Anda mendapatkan pertambahan berat badan antara 15-17 kilogram. Pasti Anda merasa cemas dan takut penampilan Anda tidak semenarik dulu lagi. Eiits.. Jangan khawatir. Dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa tips yang pastinya berguna untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Yuk kita simak bersama…

Inilah Madu Penyubur Kandungan Rahasia Sukses Hamil Para Bunda ---> KLIK DISINI

Cara Mengecilkan Perut Setelah Persalinan Normal

Berikut ini adalah cara melangsingkan perut untuk ibu yang melahirkan secara normal.
Tips ini disampaikan oleh Dr. Prihartini Widiyanti, drg., S.Bio, M.Kes, CCD, yaitu pakar kesehatan dari Universitas Airlangga :

1. Menyusui, menyusui bisa membantu menurunkan berat badan selama 12 bulan setelah melahirkan. Tapi jangan bergantung pada menyusui untuk menurunkan berat badan Anda. Pastikan Anda makan secara sehat dan seimbang dan berolahragalah.

2. Selama 3 bulan pertama setelah melahirkan, berfokuslah pada makan yang sehat. Ini akan membantu tubuh Anda pulih. Bersamaan dengan itu, susunlah rencana latihan fisik. Setelah kondisi fisik pascabersalin pulih dan ketika haid Anda telah normal kembali, ikutilah diet rendah lemak yang sehat. Secara berangsur berat badan Anda akan berkurang dan Anda akan memperoleh berat badan semula.

3. Diet yang bergizi adalah cara terbaik menurunkan berat badan pascabersalin. Yakni diet rendah lemak, padat gizi yang sarat vitamin dan mineral serta berkadar serat tinggi.

4. Jangan mengonsumsi junk food untuk mendapatkan kalori yang dibutuhkan tubuh. Tapi ganti makan lain yang rendah lemak.

5. Latihan olahraga yang cocok dengan kondisi Anda. Begitu Anda siap, bicaralah dengan dokter tentang kemungkinan memulai olahraga. Sebelum berolahraga tentukan target terlebih dahulu. Pasanglah target berolahraga secara teratur setiap hari. Lakukan dalam durasi yang pendek, seperti sepuluh menit setiap hari. Kemudian tingkatkan durasinya menjadi 30 menit setiap hari.

Lalu bagaimana untuk ibu yang melahirkan melalui proses operasi caesar?

Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu. Karena itu besar kemungkinannya bahwa luka operasi caesar yang anda alami sekitar 6 bulan lalu sudah mengalami proses penyembuhan yang sempurna saat ini, sehingga anda sudah dapat kembali beraktivitas seperti sebelumnya.

Meskipun telah terjadi penyembuhan luka yang sempurna, kami sarankan agar anda melakukan olahraga secara bertahap, terlebih jika selama 6 bulan terakhir anda tidak pernah berolah raga sama sekali. Hal ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada otot tubuh anda untuk beradaptasi terlebih dahulu. Olahraga dapat dimulai dengan melakukan olahraga aerobik, seperti jogging, bersepeda, dll yang memiliki intensitas ringan hingga sedang. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan otot terlebih dahulu. Untuk olahraga ketahanan seperti angkat beban dan alat-alat lain untuk mengencangkan otot-otot tubuh, misal otot perut, lakukanlah mulai dari intensitas ringan terlebih dahulu baru dinaikkan secara bertahap. Jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri untuk mengembalikan bentuk tubuh anda seperti semula. Memang merupakan suatu hal sulit untuk mengembalikan perut ke kondisi semula pasca melahirkan, karena itu diperlukan kesabaran dan latihan teratur untuk mengencangkan kembali otot perut anda. Menggunakan kain yang dililitkan ke perut tanpa melakukan olahraga tetap tidak dapat mengencangkan otot perut.

Pada ibu yang pernah menjalani operasi sesar, kehamilan memang sebaiknya ditunda hingga 18 bulan kemudian untuk mencegah terjadinya robekan/ruptur pada rahim. Semakin sering operasi sesar dilakukan, maka risiko terjadinya ruptur rahim semakin meningkat. Karena itu, gunakanlah alat kontrasepsi untuk mencegah terjadinya kehamilan dalam 18 bulan pasca operasi sesar ini.

Demikianlah beberapa tips untuk mengecilkan perut setelah melahirkan.
Untuk tips yang lebih komplit anda bisa menyimak artikel berikut ini yang membahas tentang cara mengecilkan perut secara alami. Selamat mempraktekkan dan semoga berhasil.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *