Mengatasi Sulit Tidur Selama Hamil

Baca Kisah Sukses Seorang Ibu yang Berhasil Hamil dalam Waktu Singkat ---> KLIK DISINI

Banyak orang tua tahu bahwa betapa sulitnya tidur dengan baik setelah kelahiran, tapi selama kehamilan juga merupakah fase dimana tidur bisa sangat sulit dilakukan. Sebenarnya, Anda mungkin tidur lebih dari biasanya selama trimester pertama kehamilan. Itu normal, karena tubuh Anda bekerja ekstra untuk melindungi dan memelihara bayi yang sedang berkembang. Plasenta (organ yang memelihara janin sampai lahir) baru mulai terbentuk, tubuh Anda memproduksi lebih banyak darah dan jantung Anda berdetak lebih cepat. Mengapa jadi begitu sulit tidur selama masa kehamilan?

Inilah Madu Penyubur Kandungan Rahasia Sukses Hamil Para Bunda ---> KLIK DISINI

Mengatasi Sulit Tidur Selama Hamil
image credit: www.femalefirst.co.uk
  • Meningkatnya ukuran janin adalah alasan utama untuk masalah tidur karena sulit menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Selain itu, faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi tidur meliputi:
  • Kebutuhan sering buang air kecil: ginjal Anda bekerja lebih keras dari biasanya untuk menyaring peningkatan volume darah (30 sampai 50% lebih dari sebelum hamil) mengalir melalui tubuh Anda. Proses penyaringan ini menghasilkan lebih banyak urin.

  • Peningkatan denyut jantung: Detak jantung meningkat selama kehamilan untuk memompa lebih banyak darah. Ketika aliran darah menuju ke rahim, hati Anda harus bekerja lebih keras untuk mengirim darah yang cukup ke seluruh tubuh Anda.
  • Sesak napas: Pada awalnya, peningkatan hormon kehamilan dapat mempengaruhi pernapasan karena akan Anda bernapas lebih dalam. Anda membutuhkan lebih banyak ruang dan mendorong diafragma (otot di bawah paru-paru) saat tidur.
  • Kram di kaki dan nyeri punggung: Rasa sakit di bagian kaki atau punggung disebabkan oleh beban berat yang Anda bawa. Selama kehamilan, tubuh juga menghasilkan hormon yang disebut relaxin, yang membantu mempersiapkan tubuh untuk melahirkan. Salah satu efek dari relaxin adalah mengendurnya ligamen di sekitar tubuh, yang membuat ibu hamil kurang stabil dan lebih rentan terhadap cedera, terutama bagian belakang.

Bagaimana mengatasi sulit tidur saat hamil?

Sejak awal kehamilan, Anda bisa tidur dengan posisi miring. Tidur menyamping dengan lutut ditekuk mungkin posisi yang paling nyaman. Posisi ini juga akan memudahkan kerja jantung, sehingga berat bayi tidak jatuh pada pembuluh darah utama (disebut “vena cava inferior”) yang membawa darah kembali ke jantung dari kaki. Beberapa dokter menyarankan wanita hamil tidur miring ke kiri. Karena hati terletak di sisi kanan perut, berbaring menghadap kiri, mencegah rahim bersandar pada tubuh. Tidur di samping juga meningkatkan sirkulasi ke jantung dan memungkinkan aliran darah yang lebih baik ke janin, rahim dan ginjal. Tanyakan kepada dokter Anda apa yang ia merekomendasikan.  (Baca juga: Tips dan Cara Cepat Hamil Dengan Isoflavon Kedelai)

Tips mengatasi sulit tidur saat hamil?

  • Coba gunakan bantal untuk menemukan posisi tidur yang nyaman. Beberapa wanita merasa sangat nyaman dengan meletakkan bantal di bawah perut atau antara kaki. Selain itu, penggunaan bantal atau selimut dapat mengurangi tekanan pada daerah pinggang.
  • Hindari minum terlalu banyak cairan atau beberapa jam sebelum tidur. (Tapi pastikan untuk mendapatkan banyak nutrisi dan cairan sepanjang hari). Beberapa wanita makan lebih banyak saat sarapan dan makan siang, tapi saat makan malam hanya mengkonsumsi sedikit makanan.
  • Biasakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.
  • Hindari olahraga berat sebelum tidur. Sebaliknya, lakukan sesuatu yang rileks, seperti mandi selama 15 menit atau minum minuman panas tanpa kafein, seperti susu dengan madu atau secangkir teh herbal. Ingat bahwa meskipun Anda sulit untuk tidur, obat tidur dan obat-obatan herbal lainnta tidak dianjurkan untuk wanita hamil.
  • Mengambil kelas yoga atau teknik relaksasi lain yang akan membantu Anda lepas dari stress. (Pastikan untuk berbicara terlebih dahulu dengan dokter Anda tentang aktivitas yang akan Anda lakukan).

Itu tips mengatasi sulit tidur saat hamil. Ada banyak masalah yang sering dihadapi oleh ibu hamil. Apakah anda sedang merencanakan kehamilan? Informasi yang tersaji disini mungkin sedikit banyak bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *