Cara Senam Hamil Untuk Menyehatkan Kandungan di Masa-masa Awal

Inilah Madu Penyubur Kandungan Rahasia Sukses Hamil Para Bunda ---> KLIK DISINI

Dokter menyarankan wanita hamil meluangkan waktu untuk berolahraga yang sanggup memberi keuntungan saat periode mengandung hingga proses persalinan kelak. Beragam jenis aktifitas olah tubuh yang bisa dilakukan, mulai dari berenang, jalan kaki hingga senam. Pilihan terakhir sangat diminati karena tergolong sederhana, tak memakan banyak waktu dan bisa dilakukan dimana saja.

Baca Kisah Sukses Seorang Ibu yang Berhasil Hamil dalam Waktu Singkat ---> KLIK DISINI

Cara Senam Hamil
image credit: howcast.com

Bagaimana cara senam hamil yang baik untuk si calon ibu? Gampang kok, coba mulai dengan gerakan ringan yakni posisi semedi. Calon ibu hanya perlu duduk bersila sambil menegakkan punggung dan masing-masing tangan ditaruh di atas kaki layaknya seseorang sedang semedi, selanjutnya tarik nafas secara mendalam, buang via mulut secara perlahan dan buat tubuh terasa santai. Agar aktifitas semedi semakin menyenangkan, coba gelar tikar atau karpet sebagai alas duduk.

Memasuki trimester kedua dan ketiga, ibu hamil akan sedikit sulit menegakkan punggung seiring beban perut yang kian membesar. Oleh karena itu, pakar kesehatan menyarankan posisi alternatif yakni tidur terlentang. Bagaimana cara senam hamil dengan posisi tidur? Wanita hanya perlu menyiapkan bantal empuk untuk menyangga kepala selagi tidur terlentang, lalu diikuti dengan mengangkat kedua lutut kaki selayaknya posisi seorang wanita tengah menjalani proses bersalin.

Selanjutnya calon ibu hanya perlu tarik nafas secara dalam lalu dihembuskan via mulut secara perlahan. Lakukan aktifitas ini berulang kali hingga merasa santai. Selain memakai bantal sebagai penyangga kepala, tubuh juga boleh dilindungi dengan tikar atau matras agar tidak merasakan lantai rumah yang dingin. Posisi tidur sangat disukai oleh wanita hamil karena sanggup meringankan beban tubuh dan pikiran.

Bagaimana cara senam hamil selain posisi semedi dan tidur? Coba saja lakukan gerakan push up. Bukankah itu berbahaya? Tentu saja berbahaya, apalagi dilakukan dalam keadaan perut membesar. Oleh karena itu, dokter menyarankan push up dengan bantuan tembok. Intinya, wanita boleh memakai tembok sebagai pengganti lantai. Latihan push up yang mengangkat beban tubuh akan semakin memperkuat otot menjelang masa persalinan, konsultasi saja terlebih dahulu ke dokter bila masih ragu melakukan aktifitas ini. Selain itu, calon ibu boleh juga olahraga dengan bantuan sebuah kursi. Taruh kursi di atas permukaan lantai dan atur jarak posisi berdiri (pastikan tidak terlalu jauh).

Coba angkat kaki sambil diregangkan ke depan dan menyentuh permukaan atas tempat duduk, lalu angkat kembali ke posisi semula. Lakukan secara berurutan, mulai dari kaki kanan dan kiri. Ada beragam gerakan sejenis yang memanfaatkan beban tubuh, namun sebaiknya coba konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Beragam cara senam hamil yang bisa dilakukan oleh wanita, terutama memasuki trimester ketiga dan siap menghadapi masa persalinan. Perut yang kian membesar tentu membatasi gerak, pakar menyarankan “stretching” sebagai solusi alternatif. Meski tak seperti gerakan olahraga tradisional, stretching atau peregangan tak hanya akan membuat otot lebih santai dan kuat, namun meningkatkan sirkulasi. (Baca juga: Cara Wanita Cepat Hamil Yang Harus Diketahui Kaum Pria)

Adapun gerakan sederhana yang bisa ditiru yakni“toe touches” yang bermanfaat melepaskan beban di punggung dan menguatkan otot kaki. Coba tidur terlentang di atas permukaan matras, angkat kedua kaki menghadap 90 derajat ke atas dan coba sentuh jempol kaki dengan kedua tangan. Gerakan toe touches juga bisa dilakukan dengan posisi berdiri ataupun duduk, pilih saja yang paling mudah.

Senam hamil membawa manfaat luar biasa bagi calon ibu. Bila masih kurang yakin untuk melakukan sendiri di rumah, coba daftarkan diri ke sejumlah kelas pelatihan yang kini mulai menjamur di beberapa kota Indonesia. Bantuan tangan ahli profesional akan membawa hasil yang lebih maksimal. Setelah tahu gerakan apa saja yang aman bagi kehamilan, maka bisa dipraktekkan langsung di rumah. Disarankan konsultasi terlebih dahulu ke dokter, terutama bagi wanita dengan kondisi kesehatan yang tergolong lemah.

Belum memiliki anak setelah menikah selama bertahun-tahun tentunya akan membuat keluarga besar bertanya-tanya. Pelajari tips dan cara cepat hamil dalam waktu singkat yang telah terbukti. Simak info lebih lanjutnya disini.

Incoming search terms:

  • mengangkat kaki ke tembok saat hamil
  • bolehkah ibu hamil angkat kaki
  • boleh kah ibu hamil menggat kaki keatas
  • bolehkan bumil menaikkan kaki kedinding
  • manfaat menaikkan kaki keatas bagi ibu hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *